Peringatan Maulid Nabi di Masjid Al Istiqomah

Warga pojok indah RW 015 memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW (Muludan) di Masjid Al Istiqomah.

Maulid nabi  adalah perayaan atau peringatan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW lahir di Makkah pada 12 Rabiul Awal di Tahun Gajah (570 Masehi), dari pasangan Aminah dan Abdullah.

Dikutip dari berbagai sumber, peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. atau Maulid Nabi SAW. diyakini telah dikenal oleh masyarakat muslim Arab, setidaknya sejak tahun kedua hijriah. Namun ada pula yang meyakininya peringatan maulid telah ada sejak zaman Nabi SAW.

Terdapat beragam versi mengenai awal mula peringatan Maulid Nabi SAW. Sebagian berpendapat, orang yang pertama kali mengadakan seremonial Maulid Nabi adalah penguasa Irbil, yaitu Raja Mudhaffar Abu Said Kuukuburi bin Zainuddin Ali ibn Buktitin, salah seorang raja yang mulia, agung, dan dermawan. Dia juga memiliki rekam jejak yang bagus. Dan, dia lah yang meneruskan pembangunan Masjid al-Mudhaffari di kaki Gunung Qasiyun," tulis Imam as-Suyuti dalam kitab al-Hawi lil Fatawi.

muludan

Pendapat lain menyebutkan peringatan Maulid Nabi dilakukan pertama kali pada saat dinasti Fatimiyah berkuasa. Tapi ada pula yang berpendapat dimulai sejak masa Salahudin Al-Ayyubi.

Beberapa keutamaan maulid nabi diantaranya adalah:

  • Ungkapan rasa syukur atas rahmat dan karunia dari Allah.
  • Peringatan Maulid Nabi diharapkan akan semakin memperkuat rasa cinta umat Islam kepada Rasulullah. Rasa cinta yang besar kepada Rasulullah akan membuat kita semua semakin mantap dalam menjalankan segenap ajaran-ajaran beliau.

Pasang Iklan
Baca Juga